Jumat, 28 Mei 2010

KETERGANTUNGAN PADA LISTRIK

Mati lampu, bikin repot semua orang. Apalagi dari pagi sampai sore. Sekalipun sudah diinformasikan pihak PLN namun tetap saja masyarakat mengeluh. Mengapa begitu ... ? Ya, karena masyarakat modern sangat beketergantungan dengan listrik. Dari mulai pompa air pake listrik. Kulkas, AC, Mesin cuci, Strika, lampu penerangan, Radio, televisi, sampai ngeces HP pake listrik. Gimana gak tergantung... Makanya, bila listrik padam sungguh semuanya bengong. Mau begini gak bisa. Mau begitu gak bisa. Kalau padam listriknya siang hari barangkali untuk penerangan gak masalah. Tapi kalau malam hari ? Kompor udah pake gas, minyak tanah udah minggir. Nyari minyak tanah susah, lagi pula mahal. Buat lampu tempel/dinding minyak tanahnya gak ada. Ya terpaksa gelap-gelapan. Pas kalo malam bulan purnama, nah itu baru asyik dan aneh pada sebagian anak-anak yang hidupnya dimanja dengan listrik. Mereka baru menikmati indahnya bulan purnama. Suatu pengalaman alamiah yang langka ditengah kehidupan kota yang sangat banyak diterangi oleh cahaya lampu. Sebuah generasi yang tidak akrab dengan alam, tapi akrab dengan teknologi. Begitu banyaknya aktifitas dan waktu yang menyita perhatian manusia kepada teknologi, termasuk kepada ketergantungan pada listrik secara langsung maupun tidak langsung. Teknologi benar-benar telah memanjakan kita umat manusia. Bisa dibayangkan apabila pemadaman listrik berlangsung beberapa hari, maka bisa dipastikan mereka akan mandi dengan air aqua. Tapi mungkinkah ... Maka ketergantungan kita pada teknologi jangan sampai melepaskan ketergantungan kita kepada Sang Pencipta Allah SWT, yang telah mengajarkan iptek dan imtaq agar kita pandai bersyukur. Begitulah listrik, ibarat urat nadi peredaran darah kehidupan masyarakat yang tak boleh putus. Di Serang Banten, Selasa 25 Mei 2010 dari jam 09.00 sampai 17.00 masyarakat merasakan repotnya tanpa aliran listrik, menanti dan menunggu segera pulih normal kembali.

RINDU SEKOLAH BERWAWASAN SYARIAH

Suatu hari dipagi hari Senin, 24 Mei 2010/10 Jumadil Tsaniah 1431 H, datang seorang murid mendatangi kami saat istirahat sekolah. Dia menghampiriku untuk menyampaikan gagasan, pikiran atau usulan untuk bisa diterapkan dan diwujudkan dalam lingkungan sekolah. Dia mengusulkan 5 buah pikiran. Tiga usulan yang kami ingat adalah pertama dia menginginkan agar sebelum mata pelajaran pertama dimulai agar kiranya pihak sekolah memprogramkan pembacaan Al-Qur'an yang dipandu oleh guru masing-masing setiap kelas. Hal ini penting dilakukan karena dia memperhatikan banyak siswa yang tidak pandai baca Al-Qur'an dan sangat minimnya jam pelajaran Agama Islam. kedua, dia menginginkan agar setiap muslimah diwajibkan memakai jilbab, untuk menutup auratnya, kecuali bagi siswa yang non muslimah. Ketiga, dia menginginkan agar selain gambar-gambar tokoh nasional juga tokoh-tokoh Islam nasional dan dunia juga dipampang agar menjadi idola para siswa karena kesalehanannya.
Kami katakan, ide, pikiran, gagasan dan usulan yang kamu sampaikan adalah sangat luar biasa. Jarang seorang siswa memiliki pemikiran yang seperti itu. Kepeduliannya dan kerinduannya pada lingkungan sekolah yang Islami dan syar'i begitu menakjubkannya. Dari seorang siswa yang bukan hanya puas untuk dirinya tapi ingin keberkahan dan kemuliaan muslim dan muslimah dilingkungan habitat yang Islami. Aku katakan kepadanya, pemikiran dan usulan yang sangat jarang diusulkan pada umumnya siswa sekalipun guru dan kepala sekolah patut diberikan apresiasi yang tinggi. Oleh karena itu aku berikan kepahaman kompleksitas untuk mewujudkannya. Kelihatannya mudah, cukup dengan instruksi kepala sekolah kepada pembina Rohis dan guru-guru Agama Islam. Ini perlu kerjasama semua pihak dari semua sivitas akademika, membangun kedasaran bersama dan bertekad untuk mensetting lingkungan sekolah bernuansa Islami dan syar'i.
Sekolah negeri dan sekolah swasta yang berada dibawah Yayasan Islam atau pesantren sangat berbeda dalam menyikapi hal ini. Tidak ada masalah bagi sekolah-sekolah yang berada dibawah Yayasan Islam/Pesantren. Namun bagi sekolah-sekolah negeri ada batasan-batasan dan tidak sebebas sekolah-sekolah Islam. Tidak ada jaminan mayoritas aparat sekolah dan siswa yang muslim dengan mengembangkan sekolah berwawasan syariah, karena ini harus diperjuangkan. Kesadaran kita akan syariah perlu kita benahi.

Apa itu Syariah?
Syariah, secara literal, Mawrid al-Ma’(sumber mata air)
Syariah, secara terminologis, sistem yang mengatur hu-
bungan antara manusia dengan Allah, dirinya dan sesama-
nya (Mahmud Syaltut, al-Islam Aqidatan wa Syari’atan)
Lingkup Syariah meliputi :
Akidah (Tauhid)
Ibadah (Shalat,
Zakat, Puasa, Haji dan
Jihad)
Politik Pemerintahan
Ekonomi
Sosial
Akhlak
Pakaian,
Makanan
Minuman
Pendidikan
Peradilan
Dll.

Apa Bedanya Syariah
dan Fiqih?
Syariah, secara terminologis, sistem yang mengatur hu-
bungan antara manusia dengan Allah, dirinya dan sesama-
nya (Mahmud Syaltut, al-Islam Aqidatan wa Syari’atan).
Fiqih, secara terminologis, ilmu tentang hukum-hukum
syariah yang digali dari dalil-dalil hukum secara
terperinci.
Jadi, Fiqih bagian dari Syariah. Syariah tidak bisa dipisah-
kan dari Fiqih.

Ada Apa di Balik Penerapan
Syariah Islam?
Menjaga agama, seperti hukuman bunuh bagi orang murtad
Menjaga keturunan, seperti hukum wajibnya memenuhi kebu
tuhan seksual melalui pernikahan, bukan perzinaan
Menjaga kehormatan, seperti diharamkannya qadzaf
Menjaga akal, seperti diharamkannya minuman keras, narko
ba, dan sejenisnya.
Menjaga harta, seperti diharamkannya pencurian, dan dipo
tongnya tangan pencuri.
Menjaga negara, seperti diharamkannya sparatisme, dan
diperanginya kaum spararis, dan bughat.
Menjaga jiwa, seperti diharamkannya membunuh orang yang
haram darahnya, dan sanksi qishashbagi pelakunya.
Penerapan syariat Islam dalam lingkungan sekolah berusaha untuk mengatur muslim muslimah agar memenuhi syariat-syariat yang dianggap penting bagi pembelajaran ibadah dan pembentukan akhlak yang sangat terbatas, dengan dibatasi ruang dan waktu pendidikan. Semoga kita berusaha untuk menerapkan pembelajaran agama Islam dengan penerapan syariah terbatas hingga menjadikan sekolah berwawasan Islami yang diridhoiNya, amin. Kita rindu itu, mari kita wujudkan sekolah bernuansa syariah. Mari kita belajar dari suksesnya bank-bank yang bernuansakan syariah ....

LATIHAN ULANGAN SEJARAH KELAS X


Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!

1. Peristiwa sejarah adalah peristiwa masa lampau yang menimbulkan perubahan akibat :
a. perpindahan penduduk b. upaya manusia
c. serangan binatang buas d. adanya bangsa asing
e. adanya perubahan akibat bencana alam

2. Belajar sejarah adalah belajar masa lampau, yang dipelajari pada masa kini untuk masa yang akan datang sehingga dengan belajar sejarah orang akan ... .

a. menjadi bijaksana
b. menjadi senang dan bergembira c. menjadi jujur
d. menjadi lebih beretika e. lebih memajukan bangsanya

3. Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki objek, yakni .... a. alat peninggalan purbakala
b. fosil-fosil menusia purba di Nusantara c. bekas-bekas kerajaan tua
d. kejadian pada masa lalu e. peninggalan kuno

4. Sejarah lokal sangat penting sebab ....

a. setiap daerah memiliki kemampuan yang berbeda-beda b. perbedaan daerah menjadi kekayaan bagi nusantara
c. memperkaya khasanah budaya bangsa
d. dapat membantu memperbanyak bahan pelajaran
e. adanya sejarah lokal mampu mengungkapkan sejarah suatu daerah pada masa lalu

5. Salah satu kesulitan dalam penelitian sejarah Indonesia adalah .... a. pemerintah tidak memberi dana penelitian
b. dana yang tersedia banyak dipergunakan untuk menunjang pembangunan saja c. bantuan dana kepada sekolah untuk membantu siswa yang kurang mampu
d. sumber yang ada sebagian sudah banyak yang mengalami kerusakan e. banyak sumber sejarah yang telah pindah tangan ke luar negeri

6. Fakta yang berbentuk benda konkret berupa ....
a. kepercayaan masyarakat d. candi
b. interaksi sosial e. semua jawaban adalah benar c. hubungan antarmasyarakat

7. Bukti dan fakta sejarah dapat diketahui dari .... a. buku pelajaran sejarah
b. monumen peninggalan sejarah c. tokoh sejarah
d. sumber primer dan sekunder e. semua jawaban adalah benar

8. Interprestasi dalam sejarah adalah .... a. mendapat sumber dari pelaku
b. mendapat sumber dari saksi sejarah c. mendapat sumber primer
d. penafsiran terhadap suatu peristiwa e. semua jawaban adalah benar

9. Sejarah ternyata penting bagi kehidupan manusia sebab .... a. sejarah mempelajari hidup manusia
b. tanpa mempelajari sejarah manusia tidak dapat hidup secara layak c. sejarah mengajarkan untuk hidup saling bekerja sama
d. sejarah banyak mengajarkan dalam peperangan
e. dalam mempelajari sejarah terdapat kisah para raja

10. Candi Prambanan merupakan candi besar yang bersifat ....
a. Hindu b. Buddha
c. Hindu-Buddha d. Tantarayana e. Waisnawa

11. Candi Borobudur merupakan candi Buddha dari bangunan Megalitikum yang berbentuk :
a. menhir b. dolmen
c. sarkofagus d. punden berundak e. waruga

12. Penulisan sejarah kolonial sangat merugikan bangsa sebab .... a. menulis sejarah para penguasa
b. memuat perjuangan Diponegoro c. adanya kronik dalam sejarah
d. merendahkan martabat bangsa
e. adanya tradisi yang masuk dalam sejarah

13. Penulisan sejarah tradisional dimulai sejak .... a. zaman praaksara
b. zaman Hindu c. zaman Islam
d. zaman kemerdekaan e. zaman modern

14. Nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut yang pernah berlayar ke barat sampai di ....
a. Madagaskar c. Jepang d. Selayar e. Cina b. Pulau Paskah

15. Persawahan mulai dikenal pada zaman ....
a. nirleka d. mesolitikum b. purba e. neolitikum c. kuno

16. Tradisi hidup berpindah memiliki ciri ....
a. food gathering d. berpindah-pindah
b. hidup tampak liar e. semua jawaban adalah benar c. menggantungkan alam

17. Kjokkenmoddinger adalah tempat tinggal manusia jenis ....
a. Pithecanthropus d. Homo sapiens
c. Meganthropus e. Homo wajakensis
d. Homo Soloensis

18. Zaman perundagian cirinya sudah mengenal teknologi .... a. batu d. batu halus
b. logam e. batu besar c. batu kasar

19. Pada zaman Arkhaikum belum ada kehidupan, sebab ....
a. bumi baru terbentuk d. adanya semacam vulkanologi b. bumi merupakan larutan benda gas panas e. semua jawaban adalah benar c. karena ada binatang raksasa

20. Zaman Paleozoikum disebut zaman primer sebab .... a. binatang yang mendominasi adalah kera
b. ada binatang yang khusus, yakni dinosaurus c. mulai ada kehidupan di bumi
d. mulai ada manusia
e. semua jawaban benar

21. Fosil adalah sisa yang sudah membatu dari jenis ....
a. binatang d. makhluk hidup
b. tumbuhan e. semua jawaban benar c. manusia

22. Manusia purba Pithecanthropus erectus ditemukan di .... a. Ngandong d. Mojokerto
b. Trinil e. Wajak, Tulungagung
c. Sangiran

23. Orang Bacson-Hoabinh menguburkan mayat dengan ....
a. dimumi d. diperabukan
b. dibalsem e. sikap jongkok c. dikeringkan

24. Suku bangsa yang pertama kali menetap dan mendiami daerah lembah sungai Indus adalah suku bangsa ...
a. Arya d. Kurai
b. Chaldes e. Kurai c. Dravida

25. Menginjak abad ke 13 Cina dikuasai oleh bangsa Mongolia dan bahkan berhasil mendirikan Dinasti Yuan oleh ...
a. Jengis Khan d. Yang Low
b. Kubilai Khan e. Temuchin c. Ogodai

Kamis, 27 Mei 2010

SEJARAH GURU KEHIDUPAN


Sejarah adalah rekaman kehidupan, sejarah adalah catatan kehidupan bahkan sejarah adalah guru kehidupan. Tidak ada satupun manusia yang hidupnya lepas dari sejarah, kecuali apabila mereka telah lepas dari kehidupan dunia yang fana ini menuju alam keabadian. Kehidupan sendiri pada hakekatnya adalah sebuah proses sejarah perjalanan kehidupan dari semenjak keberadaan manusia dimuka bumi ini hingga berakhirnya kehidupan dijagat raya ini.
Dari sejak nabi Adam as hingga nabi Muhammad saw, telah begitu panjang sejarah kehidupan manusia. Rekaman dan catatan kehidupan dari sejak dulu hingga kini menjadi pengalaman dan pengajaran bagi umat-umat atau generasi-generasi berikutnya. Sepanjang perjalanan sejarah umat manusia sosok para nabi tidak pernah lepas dari pembelajaran sejarah para pendahulunya untuk tidak terulang peristiwa yang menimpa umat-umat terdahulu yang membinasakannya. Dengan berpedoman kepada kitab/petunjuk kehidupan yang diwahyukan Allah kepadanya, sang guru kehidupan ini berusaha memadukan petunjuk kitab dan catatan sejarah masa lampau untuk membimbing umatnya kepada keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhiratnya. Oleh karena itu derajat kenabian dan kerasulan adalah derajat kesempurnaan manusia paling tinggi. Pantas kalau para nabi dan rasul dijuluki sebagai "sang guru kehidupan", sebab para nabi dan rasul merupakan puncak kematangan dan kesempurnaan manusia, model ideal manusia yang menunjukkan dan menyelamatkan manusia dari gelapnya kebodohan dan kerusakan. Mereka adalah orang-orang pilihan yang ikhlas, shalih, jujur dan mendapat petunjuk.
Penyebutan mereka di dalam kitabNya yang mulia, Al-Qur'an, dikemukakan dalam bentuk kisah-kisah yang mempesona. Sekiranya Al-Qur'an tidak menyebut-nyebut mereka beserta hakikat kenabian dan kerasulan mereka, tentu kita tidak akan mengetahui secara benar dan jelas tentang mereka.
Mari kita luangkan waktu untuk menguak kehidupan sejarah masa lampau yang dituturkan Rasul Muhammad SAW melalui Al-Qur'an, sang guru kehidupan hakiki yang kita imani.